Fakta Unik di Balik Keindahan Masjid Agug Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah atau sering disebut dengan Masjid Agung Semarang merupakan salah satu masjid bersejarah yang ada di Pulau Jawa. Memiliki tampilan yang sungguh mempesona, ternyata Masjid Agung Semarang memiliki bergram keunikan dan fakta unik yang jarang diketahui oleh masyarakat. Mungkin termasuk anda? Tapi tenang, jangan berkecil hati dulu.. sebab di sini kami akan memberikan beberapa informasi fakta unik dan menarik tentang Masjid Agung Semarang. Simak terus ya..

  • Sejarah Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang atau Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun di atas tanah wakaf seluas 119ha milik Ki Ageng Panandaran II, Bupati Sematang pertama. Ternyata, tanah tersebut memiliki masalah dengan surat kepemilikan tanah sehingga banyak orang yang mengaku atas kepemilikan tanah tersebut. Tanah tersebut juga pernah ditukar guling oleh beberapa perusahaan besar.

Akhirnya, tanah tersebut diselesaikan hak kepemilikannya oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardiyanto dan pada tahun 2002 dimulailah pembangunan masjid yang penuh sejarah ini yang kemudian diresmikan sepenuhnya pada tahun 2006.

  • Kapasitas 15.000 jamaah lebih

Masjid Agung Semarang merupakan Masjid Agung termegah di Indonesia. Masjid ini memiliki kapasitas yang sangat banyak. Di bagian masjid bisa menampung lebih dari 15.000 jamaah belum termasuk yang dihalaman masjid dan masih mampu menampung lebih dari 10.000 jamaah.

  • Payung hidrolik

Masjid yang dibangun pada tahun 202 dan selesai pada tahun 2006 ini menjadi masjid termegah di Indonesia yang memiliki bagian depan masjid terdapat 6 buah payung hidrolik yang dapat mengingatkan kita akan Masjid Nabawi di Makkah. Payung hidrolik ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Biasanya, payung akan dibuka pada saat Shalat Jumat, Idul Fitri, Idul Adha dengan kondisi angin tidak lebih dari 200 jbot.

  • Fasilitas

Di masjid yang begitu megah ini, rtelah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang biasanya umum terdapat pada masjid juga dengan fasilitas tambahan lain. Fasilitas umum masjid meliputi mimbar masjid, pengeras suara, alat shalat, al qur’an dan beberapa pelengkap lain yang ada di masjid masjid seperti biasa. Untuk fasilitas tambahannya, Masjid Agung Semarang juga dilengkapi dengan ruang akad, penginapan, auditorium, perpustakaan, museum perkembangan islam, bahkan cafe di bagian menara Asmaul Husna.

Menara Asmaul Husna memiliki ketinggian 99m yang sesuai dengan jumlah Asmaul Husna. Di puncak ini, anda bisa menikmati keindahan pesisir laut dan keindahan Kota Semarang menggunakan teropong. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Kota semarang dari menara asmaul husna ini adalah di sore hari (ba’da Ashar).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *