Categories
Parenting

Ayah Mulailah Terlibat Merawat Si Kecil Bagian 2

• Mengayuh Sepeda

Permainan ini dapat dilakukan pada bayi usia berapa pun. Caranya, baringkan si kecil, lalu gerakkan kakinya secara perlahan seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan sambil menyanyikan lagulagu riang. Kemampuan motorik dan berpikirnya akan terstimulasi.

• Mengayun Bayi

Ayah memegang bayi lalu mengangkat dan mengayunnya ke udara secara perlahan. Si kecil yang berusia 8 bulan ke atas pasti akan senang. Lakukan sambil bernyanyi atau berseru yang membangkitkan semangat.

• Lomba Merangkak

Ini permainan untuk si kecil yang sedang mengembangkan kemampuannya merangkak. Letakkan sebuah mainan menarik di lantai, kemudian minta si kecil untuk meraih mainan itu dengan cara merangkak. Beri semangat dengan bertepuk tangan, “Ayo, Dek, merangkak… Adek pasti bisa!” Bisa juga dengan cara ayah ikut merangkak di samping bayi, seperti sedang berlomba. Beri ia pujian.

• Dorong Yuk Dorong

Untuk si kecil yang sedang belajar berjalan, Ayah bisa me ngajaknya bermain mendorong benda, semisal kereta mainan milik si kecil yang biasa digunakan untuk bayi belajar berjalan, atau kardus bekas ukur an besar dan tebal sehingga cukup kokoh untuk didorong oleh bayi. Lakukan permainan ini sambil ayah menyanyikan lagu-lagu riang.

Coba Baby SPA

Nah, selain bermain, masih ada kegiatan seru yang bisa Ayah lakukan bersama si kecil. Di saat weekend, umpamanya, Ayah bisa coba melakukan pijat bayi. Pijat merupakan terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan tetap populer hingga sekarang. Bahkan, saat ini pijat dikemas dalam rangkaian baby spa yang dikembangkan berdasarkan ilmu neurosains. Tujuannya, menstimulasi sistem saraf bayi sehingga mendukung proses belajar si kecil.

Anne Gracia, praktisi neurosains terapan, berpendapat bahwa sejak lahir, bayi perlu terus diberi stimulasi untuk tercapainya kematangan saraf di masa belajarnya nanti. Neurosains adalah ilmu dasar yang mengkaji otak, saraf sebagai organ, serta bagaimana organ tersebut berfungsi, termasuk gangguan yang mungkin terjadi pada organ. Kaitannya dengan neuro sains terapan ialah telah dikembangkan metode baby spa dan telah banyak digunakan di banyak negara pada saat ini. Metode perawatan bayi ini mampu menstimulasi seluruh fungsi saraf si kecil agar otaknya dapat bekerja secara maksimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *