Categories
Rumah

5 Benda PenyeBar Virus Flu di Rumah Bagian 2

Saklar Lampu

Kalau benda lain kerap dibersihkan, benda yang satu ini acapkali diabaikan. Padahal saklar lampu juga bisa menjadi sarana pindahnya virus flu. Ingatlah selalu, bahwa benda yang sering disentuh jari adalah surga bagi kuman. Waspadai pula tombol sentuh alat elektronik lainnya, misalnya komputer dan tetikusnya, microwave, oven, dan kompor. Bersihkan secara teratur dengan menggunakan alkohol atau sabun pembersih lainnya. Jika berwarna putih, dapat dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi putih agar noda-noda di saklar bisa hilang.

Baca juga : “ Jual Genset Semarang

Handle Pintu

Kita pasti tak bisa menghitung, berapa kali kita memegang pegangan pintu atau handle. Membuka dan menutup pintu utama, kamar tidur, kamar mandi, lemari pakaian. Sesering kita memegangnya, sesering itu pula jari-jari kita terpapar oleh virus dan bakteri. Ngeri, bukan? Bersihkan semua handle memakai air bersih sesering mungkin. Ini termasuk lemari dan handle lemari es.

Pintu Lemari Es

Pintu lemari es, pintu rak dapur, dan katup dispenser termasuk benda yang paling banyak menyebarkan virus flu. Walaupun penggunaannya tak sesering handle pintu atau remote control, ketiga benda ini biasanya dipegang saat akan mengambil makanan dan minuman. Sering kali, orang merasa sudah mencuci tangan, lalu membuka lemari es atau rak, mengambil makanan, lalu tanpa mencuci tangan lagi langsung menyantap makanan yang tadi diambil.

Padahal, selain bisa jadi sarang virus, pintu kulkas rentan menjadi sarang bakteri karena lemari es adalah tempat penyimpanan makanan mentah. Seminggu sekali, bersihkan lemari es dan katup dispenser dengan alkohol serta air panas yang dicampur perasan lemon. Alkohol akan membunuh virus sementara air panas dan lemon akan menghilangkan lemak yang kerap menempel di sana.

Cuci Tanganmu Dulu

Tangan merupakan salah satu sumber sekaligus jalur perantara penyakit. Hampir semua kegiatan dilakukan oleh tangan, misalnya berjabat tangan, menggaruk, dan memegang benda. Bayangkan, berapa banyak kuman yang ada pada lembaran uang kumal dan lecek yang telah berates kali berpindah tangan. Maka, tanpa disadari bibit penyakit masuk ke tubuh kita melalui mulut atau hidung sebelum akhirnya bersarang di perut atau paru-paru kita. Karena itu, biasakan cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun sampai bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *