Bila kita membeli rumah kelas menengah dari pengembang, jarang ada yang menyediakan dapur dalam kondisi memuaskan. Biasanya dapur hanya berupa satu meja beton yang diletakkan di salah satu sudut di bagian belakang. Lebih ekstrem, ada juga yang menyediakan meja beton ini di luar bangunan rumah (semacam di teras belakang). Padahal, suka atau tidak suka masak, banyak pemilik rumah yang pengin punya dapur indah seindah di film film barat.

Namun ternyata membuat dapur tidaklah murah. Beli jadi mahal, bikin di tukang kadang-kadang lebih mahal lagi. Mengapa mahal, bahkan sampai disebut bahwa biaya termahal dari sebuah rumah adalah membuat dapur? Karena membuat dapur berarti kita membuat satu perangkat tempat penyimpanan (piring, alat masak, bumbu), tempat masak (kompor), tempat memotong dan tempat mencuci (sink) bahan masakan, yang semuanya terintegrasi.

Membuat dapur juga melibatkan instalasi pipa air bersih dan pipa air pembuangan. Tapi apakah ini berarti bila bujet terbatas, kita tidak bisa memiliki dapur yang cantik? Apakah bila bujet berbagi dengan keperluan kelahiran si kecil atau berbagi dengan cicilan mobil, kita tidak bisa mewujudkan keinginan? Dengan beberapa trik, dapur bisa tidak semahal itu.

Untuk mewujudkannya, kita harus rela berkompromi dengan desainnya, dengan material pembentuknya, dan dengan beberapa elemen pelengkapnya. Satu trik lainnya adalah: bikinlah dapur sedikit demi sedikit, yang sekarang dikenal dengan istilah sistem modular. Intinya, kita tetap bisa, kok, mewujudkan dapur indah dengan biaya terbatas. Bagaimana triknya, Laporan Utama kali ini mengulas lengkap.

Kurang lengkap apabila rumah sudah ditata dengan nyaman dan ketika akan memasak menggunakan alat elektronik tiba-tiba listrik padam. untuk itu dibutuhkan sebuah instalasi genset sebagai sumber listrik cadangan. Merk genset yang berkualitas ialah Genset Yanmar, dan Harga Genset Yanmar murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual genset Yanmar di Surabaya.

Gelar Pameran Produk Rumah Tangga

Bertempat di Atrium Milenium Mal Artha Gading, ACE dan Informa menyelenggarakan pameran International Home Product Exhibition pada 16—21 Februari 2016 lalu. Acara ini diikuti 3 merek besar, yaitu Hurom Slow Juicer dan Coway Air Purifier dari Korea, serta furnitur Ashley dari Amerika. Produk rumah tangga ini terpilih karena dapat memenuhi kebutuhan dan penunjang gaya hidup berstandar internasional. Selain pameran, acara ini juga mengadakan demo memasak dan membuat kue bersama Chef Edwin Lau dan body combat dengan Celebrity Fitness.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *